RPP Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

RPP Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)


Assalamualaikum wr.wb. Salam sehat Bapak dan Ibu Pendidik Hebat di mana pun berada. 
Selamat datang di blok Cinta Sastra dan Bahasa Indonesia, blok yang dapat menginspirasi dan berbagi pengetahuan untuk Bapak dan Ibu.

Kali ini saya mengunggah RPP Teks Laporan Hasil Observasi (LHO).  RPP ini merupakan RPP untuk pertemuan kedua dan menggunakan dua model, yaitu model daring dan model luring. Model daring yang digunakan hanya menggunakan aplikasi whatsapp dan telegram dengan media blog milik sendiri. Aplikasi ini dipilih karena lebih mudah, sarana ini dimiliki oleh sebagian besar peserta didik, dan ramah kuota.

Sila dicermati dan diamati ya Bapak Ibu. Lakukanlah pola ATM (Amati Tiru Modifikasi) sesuaikan dengan kreatifitas, karakteristik peserta didik, maupun kondisi sekolah di mana pun Bapak Ibu berada. Semoga RPP ini dapat memberikan inspirasi bagi Bapak Ibu Pendidik Hebat.

Salam sehat untuk kita semua ... 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                          : SMA NEGERI 1 TARAKAN

Mata pelajaran             : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester            : X/1

Materi Pokok                : Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan) daring

                                             : 6 x 45 menit (3 kali pertemuan) luring

 

A.   Kompetensi Dasar:

3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis

 

B.   Tujuan Pembelajaran

Melalui membaca pemahaman teks laporan hasil observasi, peserta didik :

1.       Menemukan informasi yang terdapat pada tiap-tiap paragraf teks dan membuat peta konsep berdasarkan informasi tersebut

2.       Menunjukkan perbedaan dan persamaan isi dan aspek kebahasaan dari dua teks laporan hasil observasi

3.       Membuat poster, infografis, video, atau laporan tertulis (makalah) terhadap objek yang diamati

baik secara individu maupun kelompok, secara jujur, cermat, dan bertanggung jawab

 

C.    Kegiatan  Pembelajaran

Daring

Pertemuan 1

Pendahuluan:

1.       Pendidik berkomunikasi (mengucapkan salam, berdoa untuk memulai pembelajaran, menanyakan kabar, mengingatkan untuk menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan) melalui grup whatsapp/telegram dengan peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik melalui google form.

2.       Pendidik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, menyampaikan cakupan materi, dan menjelaskan uraian kegiatan.

Inti :

3.       Peserta didik mengamati teks laporan hasil observasi yang diberikan pada telegram/ whatsapp/web/blog dengan link/tautan yang dikirim pendidik.

4.       Peserta didik melakukan diskusi interaktif tentang informasi yang terdapat pada teks dan pendidik memberikan refleksi selama proses belajar.

5.       Peserta didik membuat peta konsep tentang informasi-informasi yang terdapat pada teks.

6.       Peserta didik menyajikan hasil pekerjaannya melalui surel, whatsapp, telegram atau aplikasi lainnya dan pendidik memberikan masukan/komentar terhadap hasil yang telah dikerjakan, baik secara kelompok maupun individu.

7.       Peserta didik memperbaiki hasil kerja berdasarkan masukan pendidik.

Penutup

8.       Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan melalui telegram/whatsapp (dapat dilakukan dengan emoticon yang disepakati)/surel atau aplikasi lain.

9.       Peserta didik mendengarkan informasi tentang pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

 

Pertemuan 2

Pendahuluan:

1.       Pendidik berkomunikasi (mengucapkan salam, berdoa untuk memulai pembelajaran, menanyakan kabar, mengingatkan untuk menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan) melalui grup whatsapp/telegram dengan peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik melalui google form.

2.       Pendidik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, menyampaikan cakupan materi, dan menjelaskan uraian kegiatan.

Inti :

3.       Peserta didik mengamati peta konsep yang disajikan oleh pendidik melalui telegram/ whatsapp/web/blog dengan link/tautan yang dikirim.

4.       Peserta didik mengamati 2 teks laporan hasil observasi yang diberikan pada telegram, atau whatapp/web/blog dengan link/tautan yang dikirim pendidik.

5.       Peserta didik melakukan diskusi interaktif tentang perbedaan dan persamaan isi (informasi dan struktur) yang terdapat pada teks dan pendidik memberikan refleksi selama proses belajar.

6.       Peserta didik melakukan diskusi interaktif tentang perbedaan dan persamaan aspek kebahasaan yang terdapat pada teks dan pendidik memberikan refleksi selama proses belajar.

7.       Peserta didik menyajikan hasil pekerjaannya melalui surel, whatsapp, telegram atau aplikasi lainnya dan pendidik memberikan masukan/komentar terhadap hasil yang telah dikerjakan, baik secara kelompok maupun individu.

8.       Peserta didik memperbaiki hasil kerja berdasarkan masukan pendidik.

Penutup

9.       Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan melalui telegram/whatsapp (dapat dilakukan dengan emoticon yang disepakati)/surel atau aplikasi lain.

10.   Peserta didik mendengarkan informasi tentang pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

 

Pertemuan 3

Pendahuluan:

1.       Pendidik berkomunikasi (mengucapkan salam, berdoa untuk memulai pembelajaran, menanyakan kabar, mengingatkan untuk menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan) melalui grup whatsapp/telegram dengan peserta didik, mengecek kehadiran peserta didik melalui google form.

2.       Pendidik mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, menyampaikan cakupan materi, dan menjelaskan uraian kegiatan.

Inti :

3.       Peserta didik mengamati objek (benda/fenomena sosial) dengan topik “Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)” dari berbagai sumber. 

4.       Peserta didik menentukan ide dan produk yang akan dihasilkan (poster, infografis, video, atau laporan tertulis/makalah).

5.       Peserta didik menyeleksi data/informasi sesuai dengan ide dan membuat draf atau kerangka tulisan.

6.       Peserta didik mengembangkan produk/desain sesuai dengan pilihannya.

7.       Peserta didik mempresentasikan hasil produk/desain melalui whatsapp (5 orang), atau google duo (3 orang), video, facebook, atau youtube untuk menerima masukan dari rekan sejawat dan atau pendidik untuk perbaikan.

8.       Peserta didik memperbaiki atau merevisi produk berdasarkan masukan dari rekan sejawat dan atau pendidik

Penutup

9.       Peserta didik melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan melalui telegram/whatsapp (dapat dilakukan dengan emoticon yang disepakati)/surel atau aplikasi lain.

10.   Peserta didik mendengarkan informasi tentang pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

 

Luring :

1.     Peserta didik mengunduh file yang disiapkan oleh pendidik (modul, buku, atau LKPD) atau menerima modul, buku, atau LKPD dari pendidik

2.     Peserta didik dapat menyimak radio, televisi, youtube atau membaca web maupun blog milik guru atau orang lain sesuai arahan pendidik untuk memperkaya pengetahuan tentang teks laporan hasil observasi.

3.     Peserta didik melakukan diskusi interaktif dan pendidik memberikan refleksi selama atau setelah proses belajar melalui sms, surel, atau telepon.

 

D.   Penilaian

1.       Penilaian Berbasis Produk

2.       Pendidik memonitoring dan membimbing penugasan setiap produk langkah kerja melalui grup belajar daring atau melalui wapri/sms/telepon

3.       Pendidik dan peserta didik melakukan refleksi diri, baik dalam bentuk catatan, emoticon, atau video, baik secara daring dan luring

 

 

Tarakan,     Juli 2020

Mengetahui,                                                                       Guru Mata Pelajaran,

Kepala SMA Negeri 1

 

  

 

Weti Heri Murtiningrum, S.Pd.T                                         Ranti Jumiarni, S.Pd., M.Pd.

NIP  196310261987032004                                                         NIP 197711122002122001

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Cerita Sejarah

LKPD Teks Cerita Sejarah