Materi Teks Eksposisi

RINGKASAN MATERI TEKS EKSPOSISI


Assalamualaikum wr.wb. Salam sehat ...

Hai Anak-anak Hebat, kembali lagi kita bersua di materi pembelajaran berikutnya di blog Cinta Sastra dan Bahasa Indonesia, blog media pembelajaran inspiratif...

 Kali ini kalian akan mengenal dan memahami Teks Ekposisi. Pelajari dengan baik ya karena materi ini akan bermanfaat dalam kehidupan kalian terutama untuk mengenali sebuah informasi dengan benar, hoax atau tidak.  Sebelum memulai membaca ringkasan materi ini, yuk kita berdoa terlebih dahulu...

 Untuk memahami teks eksposisi, perhatikan contoh teks berikut.


Generasi Galau

oleh Dr. E. Kosasih, M.Pd.

 

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda tersebut berkumandang pada tanggal 28 Oktober 1928. Itulah peristiwa yang menjadi bukti nyata besarnya rasa bangga pemuda pemudi masa lampau terhadap tanah air, bangsa, dan bahasanya. Juga menunjukkan kuatnya rasa percaya diri mereka terhadap suatu negeri yang bernama “Indonesia”.

Pemuda-pemudi pada masa lalu dengan gagahnya telah menyatakan diri sebagai pemuda dan pemudi yang memiliki jati diri: yang bertanah air dan bangsa yang satu. Dengan penuh kebanggaan, mereka pun bertekad untuk selalu menjunjung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan; menggunakan bahasa Indonesia di dalam segenap pergaulan mereka; bukan bahasa Inggris, Belanda, dan bahasa asing lainnya.

Bayangkan! Peristiwa heroik itu terjadi di dalam kondisi yang serba darurat, kritis; di tengah-tengah cengkraman bangsa lain. Mereka berada di dalam belenggu dan kebengisan bangsa penjajah. Akan tetapi, mereka bisa melahirkan peristiwa bersejarah yang sanggup mengguncang seantero negeri.

Padahal tindakan itu penuh risiko. Kematian sewaktu-waktu siap merenggut nyawa. Desingan peluru dari ujung-ujung senapan bala tentara penjajah sewaktu-waktu bisa mengoyak-ngoyak raga mereka. Jeruji besi telah menganga untuk memenjarakannya dan kapal-kapal perang telah siaga pula untuk membuang mereka ke pulau-pulau terpencil di ujung negeri sebagaimana yang dialami oleh pemimpin mereka sebelumnya.

Semua ancaman dan bahaya itu tidak menyurutkan semangat dan tekad mereka untuk merdeka. Satu Indonesia, itulah yang menjadi impian mereka. Mimpi itu tujuh belas tahun kemudian terwujud, dengan diproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

           Delapan puluh empat tahun lamanya, kumandang Sumpah Pemuda itu telah berlalu.Waktu yang telah begitu lama itu memang layak disebut zaman baheula. Dibandingkan dengan era sekarang, peradaban pada waktu itu juga bisa dipandang sudah kolot. Kehidupannya masih sangat tradisional. Akan tetapi, apabila dilihat dari mentalitasnya, mereka jauh lebih modern. Mereka tahu betul akan pentingnya eksistensi dan berartinya harga diri bangsa.

Memang sangatlah layak apabila peristiwa yang sungguh-sungguh luar biasa itu selalu diperingati oleh kita pada era kekinian. Peringatan yang sejati tentu saja tidak sekadar baris di lapangan terbuka, menengadah dan menghormati bendera, kemudian mengeja kembali teks Sumpah Pemuda dengan suara lantang. Kegiatan upacara dan beragam kegiatan seremonial lainnya belum bisa menandingi peristiwa yang sesungguhnya terjadi pada masa itu.

Begitu kontrasnya mentalitas anak-anak generasi kita sekarang dengan para pemuda era zaman baheula. Kebanggaan atas negeri dan bahasa sendiri begitu bergeloranya pada dada-dada mereka. Semangat itulah yang mengharu-biru sepanjang sejarah perjuangan bangsa ini, yang puncaknya ditandai dengan terkoyaknya rantai penjajahan yang membelenggu bangsa ini selama ratusan tahun, pada 17 Agustus 1945. Itulah buah dari gelora untuk menjadi bangsa besar dan mandiri.

Namun, mimpi agung itu kini semakin memudar, tergerus tipu daya dan peradaban bangsa lain yang seolah-olah lebih kemilau. Gambaran bahwa negeri lain lebih indah dan bangsa lain lebih hebat itulah yang telah menjejali alam pikiran kita sekarang. Kita pada era kekinian justru lebih bangga menggunakan atribut-atribut asing. Bangga sekali ketika bisa makan dan minum buatan orang luar ketimbang bandrek dan bajigur. Seolah-olah menjadi manusia paling modern ketika sudah bisa cas-cis-cus berbahasa asing padahal yang diajak bicara adalah tetangga dari Ciharupat atau Bojongkoneng. Kita sangat berbahagia pula ketika sudah akrab dengan lagu brang-breng-brong dari negeri seberang sana daripada lagu syahdu cianjuran ataupun pentas wayang golek.

Bahasa, seni, dan hasil-hasil budaya dari bangsanya sendiri dianggap kolot, ketinggalan zaman. Bahkan, anugerah langsung dari Tuhan pun sering kali dicampakkan karena dianggap tidak ideal. Kulit sawo matang sebagai ciri khas lain dari bangsa ini harus memutih atau kuning langsat. Hidung harus mancung, warna mata biru, rambut harus pirang atau kriwil-kriwil.

Tidak sadarkah bahwa kita terlahir secara kodrati seperti itulah adanya. Darah dan daging kita berasal dari saripati tanah dan air yang ada di bumi Indonesia. Sehari-harinya pun kita bergaul, bertegur sapa, dan hidup di tengah-tengah orang Indonesia. Akan tetapi, mengapa kemudian kita lebih bangga dengan yang dimiliki oleh orang luar; dalam bergaul lebih memilih gaya hidup bangsa lain? Walaupun begitu fasih berbahasa asing, bergaya hidup sudah seperti bangsa luar, tidak akan menjadikan kita lebih hebat. Sampai kapan pun tetaplah kita akan menjadi pecundang, yang berada di bawah ketiak dan kendali bangsa lain.

Kita akan menjadi pemenang manakala kita bisa eksis dengan jati diri bangsa sendiri. Bangsa lain pun memandang hormat. Keadaan itu bisa menjadi kenyataan manakala kita bisa mensyukuri semua anugerah Tuhan dan merasa bahagia atas potensi bangsa sendiri.

Sekalipun peristiwa Sumpah Pemuda selalu kita peringati dari tahun ke tahun, makna dari peristiwa itu tidak akan berbekas. Mental baja yang ada pada pemuda-pemudi pada masa itu tidak memberi dampak berarti kalau kemandirian ataupun kepercayaan diri bangsa tidak kita pelihara.

Kalau masih terus heboh begitu ada artis asing, memuja-muja pesepak bola negeri lain, dan bersikap dingin terhadap orang Indonesia sendiri, berarti rasa nasionalisme kita berada pada titik terendah. Kalau dibandingkan dengan pemuda-pemudi era tahun 20-an itu, kepercayaan diri kita sedang ada masalah. Padahal, kalau merasa diri sebagai bangsa maju dan berperadaban tinggi, harus semakin hebat pula mentalitas kita. Kenyataannya tidaklah demikian, generasi bangsa ini sedang galau kalau begitu. Sungguh!
 (Penulis, dosen pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, Universitas Pendidikan Indonesia.)

Teks di atas mengungkapkan sejumlah argumen seorang penulis tentang sikap generasi muda sekarang. Menurut penulis, generasi muda sekarang jauh berbeda dengan para pemuda angkatan 1928 yang dipandangnya memiliki nasionalisme yang tinggi dan bangga atas bangsa dan negaranya.

Secara umum, teks itu diawali dengan pengenalan isu dan pendapat umum  penulis. Isu yang dimaksud adalah peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 sebagai bukti nyata besarnya rasa bangga pemuda-pemudi masa lampau terhadap tanah air, bangsa, dan bahasanya. Juga menunjukkan kuatnya rasa percaya diri mereka terhadap suatu negeri yang bernama “Indonesia”. Bagian ini lazim disebut dengan tesis.

Bagian berikutnya diisi dengan sejumlah argumen yang mendukung tesis di atas. Pada bagian tersebut terkandung pula informasi faktual, serta bukti, gambaran, atau penjelasan yang mendukung tesis. Argumen dan fakta yang dikemukakan penulis dalam bagian ini, antara lain, sebagai berikut.

 

Argumen

Fakta

1.     Peristiwa heroik itu terjadi di dalam kondisi yang serba darurat, kritis; di tengah-tengah cengkeraman bangsa lain.

2.     Padahal tindakan itu penuh risiko.

3.     Desingan peluru dari ujung-ujung senapan bala tentara penjajah sewaktu-waktu bisa mengoyak-ngoyak raga mereka.

1.   Mereka berada di dalam belenggu dan kebengisan bangsa penjajah.

2.   Mimpi itu tujuh belas tahun kemudian terwujud, dengan diproklamasikan kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

3.   Delapan puluh empat tahun lamanya, kumandang Sumpah Pemuda itu telah berlalu.

 

Teks tersebut kemudian diakhiri dengan penegasan kembali terhadap tesis yang telah diungkapkan di bagian awal. Pernyataan pada bagian ini lebih kuat dan langsung daripada pernyataan yang disampaikan dalam tesis. Dalam teks berjudul “Generasi Galau” di atas, penegasan yang dimaksud dinyatakan dalam paragraf berikut.




…rasa nasionalisme kita berada pada titik terendah. Kalau dibandingkan dengan pemudapemuda era tahun 20an itu, kepercayaan diri kita sedang ada masalah. Padahal, kalau merasa diri sebagai bangsa maju dan berperadaban tinggi, harus semakin hebat pula mentalitas kita. Kenyataannya tidaklah demikian, generasi bangsa ini sedang galau kalau begitu. Sungguh!

             Teks yang berkarakteristik itulah yang dimaksud dengan eksposisi. Istilah eskposisi berasal dari kata ekspos yang berarti ‘memberitakan disertai dengan analisis dan penjelasan’. Adapun sebagai suatu teks, eksposisi dapat diartikan sebagai karangan yang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain. Dalam pengembangannya, teks eksposisi dapat menggunakan fakta, contoh-contoh, gagasan-gagasan penulisnya, ataupun pendapat-pendapat para ahli. Bahkan, teks itu dapat dilengkapi dengan media-media visual, seperti tabel, grafik, peta, dan yang lainnya.

Fungsi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksposisi


Berdasarkan fungsi atau tujuan penyampaiannya, eksposisi tergolong ke dalam jenis teks yang argumentatif. Pembaca ataupun pendengarnya diharapkan mendapatkan pengertian ataupun kesadaran tertentu dari teks tersebut. Tidak sekadar pengetahuan ataupun wawasan baru, tetapi lebih dari itu, yakni berupa perubahan sikap atau sekurang-kurangnya berupa persetujuan atas pernyataan-pernyataan di dalam teks tersebut.

Sebagaimana yang dicontohkan di atas bahwa teks yang berjudul “Generasi Galau” tersebut didominasi oleh sejumlah pendapat penulisnya. Begitu berhadapan dengan paragraf pertama, pembaca sudah disajikan suatu pendapat, yang dalam hal ini lazim disebut sebagai tesis. Berikutnya berupa rangkaian argumentasi penulis yang bertujuan memperkuat tesis yang disampaikan dan diakhiri dengan kesimpulan atau penegasan kembali. Dengan demikian, dari sejumlah argumentasi tersebut khalayak dapat pula membenarkan bahwa generasi muda sekarang memang sedang galau.

Teks eksposisi dibentuk oleh tiga bagian, yakni sebagai berikut.

a.    Tesis, bagian yang memperkenalkan persoalan, isu, atau pendapat umum yang merangkum keseluruhan isi tulisan. Pendapat tersebut biasanya sudah menjadi kebenaran umum yang tidak terbantahkan lagi.

b.    Rangkaian argumen, yang berisi sejumlah pendapat dan fakta-fakta yang mendukung tesis.

c.   Penegasan Ulang dan Rekomendasi, yang berisi penegasan kembali tesis yang diungkapkan pada bagian awal.









Kaidah kebahasaan lainnya dari teks eksposisi “Generasi Galau” adalah sebagai berikut.

a.      Istilah teknis yang digunakan pada teks.

No

Istilah

Makna (KBBI atau Kamus Istilah)

1.

heroik

Bersifat pahlawan

2.

peradaban

1.      n kemajuan (kecerdasan,kebudayaan) lahir batin

2.      n hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa

3.

proklamasi

n pemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat; pemakluman; pengumuman

4.

mentalitas

n keadaan dan aktivitas jiwa (batin), cara berpikir, dan berperasaan

5.

nasionalisme

1.      n paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri; sifat kenasionalan

2.      n kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa itu; semangat kebangsaan

 

dst.

 

b.       Afiksasi (pengimbuhan) pada teks.

No

Kata Bentukan

Imbuhan

Kata Dasar

Keterangan

1.

menjunjung

me-

junjung

prefiks (awalan)

2.

kemerdekaan

ke-an

merdeka

konfiks (imbuhan gabung)

3.

buatan

-an

buat

infiks (akhiran)

dst.

 

 

 

 

 

c.      Kalimat verbal.

No.

Kalimat

Jenis Kalimat Verbal

1.

Ikrar Sumpah Pemuda tersebut berkumandang pada tanggal 28 Oktober 1928.

Kalimat aktif intransitif

(S-P-K)

2.

Mereka selalu menjunjung Bahasa Indonesia

Kalimat aktif transitif

(S-P-O)

Bagaimana? Apakah kalian sudah memahami struktur dan kebahasaan teks eksposisi? Jika belum kalian dapat menyaksikan tayangan berikut.



Jika kalian sudah memahami materi ini, kalian dapat melanjutkan ke LKPD ya... 

Komentar

  1. Nama : Rafanda Dwika Putri
    Kelas : X Mipa 1

    Komentar : blog ini sangat bermanfaat karena membantu saya memahami lebih jelas tentang teks eksposisi.

    BalasHapus
  2. Nama : Andika putra
    Kelas : x Mipa1
    Komentar : materi yg disampaikan cukup jelas dan lengkap dan materi ini sangat menarik untuk dibaca

    BalasHapus
  3. Nama : Nazwa Salsabila
    Kelas : X MIPA 1
    komentar: materi tentang teks eksposisi sini sangat bagus. Dijelaskan secara terperinci disertai dengan contoh. Saya bisa memahaminya dengan baik.

    BalasHapus
  4. Nama : Ahmad Ardiansyah
    Kelas : X MIPA 1
    Koment: materi sangat memperjelas dan memberi pengetahuan lebih lengkap tentang teks eksposisi

    BalasHapus
  5. nama : M Azwa R R
    Kelas : X MIPA 1
    materi sangat jelas dan memberi pengetahuan lebih lengkap tentang teks eksposisi

    BalasHapus
  6. Nama: Agustina
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar: materi ini membantu saya mengenal dan memahami teks eksposisi

    BalasHapus
  7. Nama: Nurwulan Ardelia Asy Syifa
    Kelas: X MIPA 1
    Komentar :Materi teks eksposisi yang dijelaskan di blog ini sangat bagus, terurut sehingga saya sangat mudah memahaminya, dengan cobtoh serta grafik yang berwarna membuat blog ini menjadi semakin menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
  8. Nama: nasruddin kadir
    Kelas:X MIPA 1
    Materi ini sangat mudah di mengerti dan memberi pengetahuan lengkat tentang teks eksposisi

    BalasHapus
  9. Nama: Dyah Putri Nur Isfaniah
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar: materi ini cukup jelas untuk dipahami, karena sudah dijelaskan secara terperinci dan juga terdapat contoh yang bisa dipahami.

    BalasHapus
  10. Nama : Meylisa Bella Tri Anjani
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : Materi pada blog ini menjelaskan tentang ringkasan teks eksposisi mulai dari fungsi teks, struktur teks, kebahasaan teks eksposisi dll, menurut saya blog ini sangat mudah dipahami.

    BalasHapus
  11. Nama : Lina Nurhidayati
    Kelas : X MIPA 1
    Dari materi di atas sama dapat mengetahui pengertian Task eksposisi,Fungsi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksposisi. Dan dapat mengetahui yang mana Fakta dan opini dalam tesk eksposisi.

    BalasHapus
  12. Nama:Devy Khairina Zalwa
    Kelas: X MIPA 1
    Komentar: Materi ini di jelaskan berurut dan terperinci sehingga saya mudah paham dan mengerti materi tersebut.

    BalasHapus
  13. Nama : selfina yusuf
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : materi teks eksposisi ini sangat bagus karena dijelaskan dengan terperinci serta diberikan contoh sehingga mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  14. Nama : Rif' atul Aribah
    Kelas : X MIPA 1
    --> materi teks eksposisi yang dijelaskan pada blog ini sangat bagus, mulai dari fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaannya serta dilengkapi dengan contohnya yang membuat saya lebih paham

    BalasHapus
  15. Nama: Dian Febrianti
    Kelas: X MIPA 1
    Komentar: saya dapat memperluas pengetahuan saya tentang struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

    BalasHapus
  16. Nama: Ahmad zayyan saputra
    Kelas: X MIPA-1
    Komentar saya: materi teks eksposisi yang dijelaskan pada blog ini membantu saya mengingat kembali materi teks eksposisi yang diajarkan pada waktu SMP kemarin, menambah pengetahuan, dan mudah di mengerti materi teks eksposisi ini. Jadi saya sekarang lebih mengerti materi teks eksposisi

    BalasHapus
  17. menurut saya materi mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  18. Nama : Muhamad Latief Firdaus
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : blog ini sangat membantu saya dalam memahami teks eksposisi, materi sangat jelas, mudah dimengerti.

    BalasHapus
  19. Nama : Meldhyna L R
    Kelas : X Mipa 1
    menurut saya materi ini mudah untuk dimengerti dan dipahami

    BalasHapus
  20. Materi ini sangat di mudsh di mengerti, sangat mudah di pahami. Materi ini menjelaskan secara terperinci dan sangat jelas.

    BalasHapus
  21. Nama: juwita purnama sari
    Kelas : X MIPA 1
    Materi ini sangat di mudsh di mengerti, sangat mudah di pahami. Materi ini menjelaskan secara terperinci dan sangat jelas.

    BalasHapus
  22. Nama : Michelle Winata
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : Setelah membaca blog ini saya dapat lebih memahami lagi tentang teks eksposisi seperti kaidah kebahasaannya, strukturnya, dan contohnya.

    BalasHapus
  23. Nama: Aurel Hadisty Anandira
    Kelas: X MIPA 2
    komentar : Materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Mempermudah saya dalam mempelajari tentang teks Eksposisi

    BalasHapus
  24. Nama : Arya Jati Kumara Chung
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : blog ini sangat bagus karena membuat saya lebih mengerti tentang teks eksposisi

    BalasHapus
  25. Nama : Siti Aisyah
    Jelas : X MIPA 2
    Saya mudah memahami materi eksposisi melalui blog ini

    BalasHapus
  26. Nama : ryski awalia
    Kelas : x mipa 2
    Komentar: materi yang di sampaikan sangat rinci dan jelas. Ini mempermudah saya memahami tentang teks eksposisi

    BalasHapus
  27. Nama: Anggun Ayu Rizqiana
    Kelas: X MIPA 2
    komentar : Materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Mempermudah saya dalam mempelajari tentang teks Eksposisi

    BalasHapus
  28. Nama:nasywa salsabilah putri
    Kelas:x mipa 2
    Komentar:setelah saya membaca blog ini saya lebih memahami jelas tentang teks eksposisi

    BalasHapus
  29. Nama: andrika fadilla
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar:penjelasan materi di atas lebih jelas dan mudah di pahami juga bermaafaat bagi yg ingin belajar teks ekposisi

    BalasHapus
  30. Nama: ilham Wibisono Kuncana
    Kelas: X MIPA 2
    menurut saya materi ini sangat terperinci sehingga mudah di pahami

    BalasHapus
  31. Nama: andrika fadilla
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar:penjelasan materi di atas lebih jelas dan mudah di pahami juga bermaafaat bagi yg ingin belajar teks ekposisi

    BalasHapus
  32. Nama: firjatullah putra Setiawan
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: materi yg dijelaskan cukup rinci dan mudah dipahami dalam memahami materi

    BalasHapus
  33. Nama : Nova Fitriana
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : Setelah membaca artikel ini, pengetahuan saya mengenai teks eksposisi lebih mendalam dan lebih spesifik lagi dari sebelumnya

    BalasHapus
  34. Nama: Dharma halim
    Kelas:X MIPA-2
    Absen:5
    Komentar: materi mudah dipahami dan juga tersampaikan secara rinci, bahsanya pun juga jelas, serta informasinya juga jelas dan detai . Cukup mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  35. Nama: Bennett Kwan
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: materinya sangat lengkap dan jelas.

    BalasHapus
  36. Nama: Syazsa Nabila Az Zahra
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: Materi nya yg dijelaskan lengkap, sehingga dapat dipahami.

    BalasHapus
  37. Nama : Meysyha Shora Angeline
    Kelas : X MIPA 2
    Komentarnya : penjelasan disini tentang teks eksposisi bagus dan jelas serta mudah dipahami karena ada peta konsep dan tabel yang memudahkan

    BalasHapus
  38. Nama : Radya Faizah Fadhila
    Kelas : X Mipa 2
    blog ini sangat membantu saya dalam memahami teks eksposisi, materi sangat jelas, dan mudah dimengerti.

    BalasHapus

  39. Kelas. :X MIPA 2
    Komentar: materi teks eksposisi disini sangat jelas dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  40. Nama:Muhammad Rayyan Maulana
    Kelas:X MIPA 2

    Materi pada blog ini menjelaskan tentang ringkasan teks eksposisi mulai dari fungsi teks, struktur teks, kebahasaan teks eksposisi dll, menurut saya blog ini sangat mudah dipahami.

    BalasHapus
  41. Nama : intan purnama sari kelas: X MIPA 2
    Komentar : materi ini sangat mudah di pahami karena di lengkapi dengan contoh yang bisa dengan mudah kita pahami

    BalasHapus
  42. Nama: Zarah Nur Afifah
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: Blog ini sangat bagus karena membuat pembaca mengetahui apa itu teks eksposisi.

    BalasHapus
  43. Nama:lailida subhi fitriani
    Kelas: X BAHASA
    komentar: blog ini sangat jelas bahkan disini lebih tersusun bagian”nya,blog ini jg membuat saya mudah paham dan saya jg dapat mengetahui informasi disini yg lebih lengkap,jelas,dan tersusun.

    BalasHapus
  44. NAMA:RIDHO F.NAINGGOLAN
    KELAS:X BAHASA
    TANGGAPAN:MENURUTKU PADA MATERI BLOG INI MENJELASKAN TENTANG RINGKASAN TEKS EKSPOSISI MULAI DARI FUNGSI TEKS,STRUKTUR TEKS HINGGA KEBAHASAAN TEKS

    BalasHapus
  45. Nama : Trixie Ariella Paskyo Mou
    Kelas : X Bahasa

    Materi yang disampaikan sangat baik, judul dan isi materi yang ada berhubungan dan lengkap, tidak melenceng. Disertakan contoh juga kalau belum mengerti dapat memahami lewat video yang telah disediakan juga, sangat membantu dalam memahami materi tentang teks eksposisi.

    BalasHapus
  46. penjelasannya sudah cukup dan sangat jelas di materi kali ini

    BalasHapus
  47. Nama:Bintang Christopher Manuel
    Kelas:X Bahasa
    Komentar:materinya jelas, mudah dipahami dan juga menambah informasi yang belum diajarkan sebelumnya

    BalasHapus
  48. Nama:Nicholas Alexander
    Kelas:X Bahasa
    Komentar:Blog ini sangat membantu saya memahami tentang apa itu teks eksposisi

    BalasHapus
  49. Nama : muhammad yasin akbar
    Kelas : X BAHASA
    Koment: materi YANG ADA DIBLOG INI SANGAT JELAS DISAMPAIKAN DENGAN SANGAT BAIK DAN INI SANGT MEMBANTU SAYA UNTUK MEMAHAMI MATERI

    BalasHapus
  50. Nama: Aulia candrakanti
    Kelas: X Bahasa
    Materi pada blog ini mudah dipahami karena penjelasannya urut dan terperinci

    BalasHapus
  51. Nama : Najwa Putri
    Kelas : X Bahasa
    Tanggapan saya :
    Materi teks eksposisi di blog ini mudah dipahami juga disertai contoh. Saya bisa memahami isi materi dengan baik.

    BalasHapus
  52. Nama : Siti Hasara Nurul Hidayat
    Kelas : X busa
    Dalam meteri ini sangat jelas dan mudah dipahami dan diberikan contoh yang bisa di mengerti dan terperinci dan dapat mengatahui informasi dalam teks eksposisi tersebut

    BalasHapus
  53. Nama: Silvana Yusuf
    Kelas: X-Bahasa

    materi yang diberikan jelas dan dapat mudah dimengerti karena materi yang diberikan juga lengkap dengan contoh-contoh, Cerita "generasi galau" sangat bagus dapat membuat kita tersadar akan bangsa indonesia yang sekarang mulai mengikuti bangsa luar.

    BalasHapus
  54. Nama: Nirina Nurazzahrah
    Kelas: X Bahasa
    Materi yang disampaikan sudah sangat jelad sehingga mudah dipahami.

    BalasHapus
  55. Nama:kety aprilita
    Kelas:X bahasa
    Blog ini sangat membantu dan materinya jelas sehingga dapat mudah dimengerti

    BalasHapus
  56. nama : Ester Lusia
    Kelas : X MIPA 3
    materi cukup jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  57. Nama : Anni
    Kelas : X MIPA 3
    Materi yg di smpaikn sngt jels dn terprinci shngga mudah di pahami

    BalasHapus
  58. Nama : Michelle Camilli
    Kelas : X MIPA 3
    Materi yang di berikan sudah cukup jelas dan kata-kata yang digunakan adalah kata yang mudah untuk di mengerti atau di pahami.

    BalasHapus
  59. Joan Tabita
    X MIPA 3
    Materi tentang teks eksposisi telah dijelaskan dengan baik dan diterima dengan baik

    BalasHapus
  60. Nama : Berliana maharani putri
    Kelas : x MIPA 3
    Mudah dipahami dan jelas

    BalasHapus
  61. Nama: Cellyna Letizia Agustinus
    Kelas: X MIPA 3
    teks ini dapat dipelajari dengan mudah

    BalasHapus
  62. Nama : chorry Siringoringo
    Kelas : x MIPA 3
    Materi teks eksposisi ini sangat jelass dan mudah dipahami karna menggunakan bahasa yang tidak bertele"

    BalasHapus
  63. Nama: zhalzhah Khumairah
    Kelas : X MIPA 3
    Materi teks eksposisi yang disajikan sangat jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  64. Nama : Febylenzia
    Kelas : X MIPA 3
    Blognya sangat membantu karena mudah dipahami dan jelas

    BalasHapus
  65. Nama : Febylenzia
    Kelas : X MIPA 3
    Blognya sangat membantu karena mudah dipahami dan jelas

    BalasHapus
  66. Nama : Bintang Dwi Hana F S
    Kelas : X MIPA 3
    Materi mudah dipahami, juga dilengkapi dengan contoh sehingga mudah dimengerti

    BalasHapus
  67. Nama : Rheyna Amelia Army
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : Materi yang disampaikan sangat jelas,lengkap,tersusun,terperinciserta diberikan juga contoh sehingga dapat mudah untuk dimengerti dan dipahami dengan baik.

    BalasHapus
  68. Nama : Retna Tria Pristica
    Kelas : X MIPA 3
    Materi ini cukup jelas. Diberikan contoh juga seperti teks "generasi galau" Sehingga saya dapat memahami materi kali ini.

    BalasHapus
  69. NAMA: SYAHRIKA FADHILLAH
    KELAS: X MIPA 3
    materi yang disampaikan sangat mudah dipahami ditambah lagi dengan penjelas yang rinci sangat membantu para murid memahari materi lebih dalam

    BalasHapus
  70. Nama: wahyuni ambarsari
    Kelas: X -mipa3
    Materi : tentang teks eksposisi yg menceritakan "generasi galau" yang bangga terhadap pahlawan" tersebut. Dan materi teks eksposisi sangat mudah di pahami dan cukup jelas.

    BalasHapus
  71. Nama : Andi putra
    Kelas : MIPA 3
    Baik dan mudah dipahami

    BalasHapus
  72. Nama : Hesekiel Saputra Panjaitan
    Kelas : X MIPA 3
    Materi ini sangat jelas dalam memahami teks eksposisi

    BalasHapus
  73. Nama : Cristika Adelia
    Kelas : X MIPA 3
    Materi teks eksposisi mudah dipahami karena dijelaskan sangat terperinci dan juga penjelasannya disertakan dengan contoh.

    BalasHapus
  74. Nama : Bayu Firdaus H
    Kelas : X MIPA 3
    Mantap

    BalasHapus
  75. Nama : Alma Ash Shofi M.S
    Kelas : X MIPA 3
    Materinya jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  76. Nama : Apriansyah
    Kelas : X MIPA 3
    Materi ini mudah dipahami

    BalasHapus
  77. Nama: THUBASA PARNINGOTAN SIMATUPANG
    Kelas: X MIPA 3
    Materi ini sangat Bagus dan mudah pahami

    BalasHapus
  78. Nama : Shaquille Ali Zinky
    Kelas : X MIPA3
    materi diatas lengkap, jelas, dan mudah dipahami

    BalasHapus
  79. NAMA: AHMAD RITAUDDIN
    KELAS:X MIPA-3
    Dari materi diatas yg dapat saya sampaikan
    Materi yang di sampaikan mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca
    Karena dijelaskan sangat terperinci dan penjelasannya disertai dengan contoh.

    BalasHapus
  80. Nama : Frisca Ananda Putri
    Kelas : X MIPA 3
    Dari materi yang di atas dapat saya pahami bahwa di blog ini menjelaskan Tentang Materi Eksposisi dengan sangat jelas dan terperinci mulai dari pengertian, fungsi,struktur dan kaidah teks eksposisi. Dan dapat membedakan yang fakta dan opini serta contoh dari materi ini,di tambah lagi Vidio yang sangat jelas.

    BalasHapus
  81. Nama : Frisca Ananda Putri
    Kelas : X MIPA 3
    Dari materi yang di atas dapat saya pahami bahwa di blog ini menjelaskan Tentang Materi Eksposisi dengan sangat jelas dan terperinci mulai dari pengertian, fungsi,struktur dan kaidah teks eksposisi. Dan dapat membedakan yang fakta dan opini serta contoh dari materi ini,di tambah lagi Vidio yang sangat jelas.

    BalasHapus
  82. Nama : Frisca Ananda Putri
    Kelas : X MIPA 3
    Dari materi yang di atas dapat saya pahami bahwa di blog ini menjelaskan Tentang Materi Eksposisi dengan sangat jelas dan terperinci mulai dari pengertian, fungsi,struktur dan kaidah teks eksposisi. Dan dapat membedakan yang fakta dan opini serta contoh dari materi ini,di tambah lagi Vidio yang sangat jelas.

    BalasHapus
  83. Nama: Fenny Chandra
    Kelas : X MIPA 3
    materi teks eksposisi dijelaskan dengan baik dan rinci juga tidak terlalu panjang.

    BalasHapus
  84. Nama : Lovita cicielia chandra
    Kelas : X MIPA 3
    Materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Mempermudah saya dalam mempelajari tentang teks Eksposisi

    BalasHapus
  85. Nama: Muhammad Arik cut Bukhori
    Kelas: X MIPA 3
    Materi sdh sangat jelas dan mudah di pahami penjelasannya dan mudah untuk di pelajari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Cerita Sejarah

LKPD Teks Cerita Sejarah