MENYUSUN LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO)

MENYUSUN LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO)



Assalamualaikum wr.wb. Salam sehat ...
Hai Anak-anak Hebat, kembali lagi kita bersua di materi pembelajaran berikutnya di blog Cinta Sastra dan Bahasa Indonesia, blog media pembelajaran inspiratif...

        Banyak objek yang dapat diamati di sekitar kita, misalnya keadaan alam sekitar, hewan, tumbuh-tumbuhan, kebudayaan, kondisi bangunan tertentu, museum, situs-situs bersejarah dan lain sebagainya. Beberapa hasil pengamatan atau observasi tentang objek tersebut dapat kalian baca di berbagai media, baik media cetak maupun elektronik. Nah, informasi-informasi yang kalian baca dari berbagai media itulah yang disebut dengan teks laporan hasil observasi. Jadi, teks laporan hasil observasi sesungguhnya bukan teks yang asing. Bahkan, boleh jadi kalian pernah menulis dan sering menyampaikan teks seperti ini kepada orang lain.

        Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang membahas sesuatu hal (fenomena alam, peristiwa budaya, maupun kondisi sosial) secara umum. Pada umumnya, teks ini banyak digunakan dalam buku-buku teks, ensiklopedia, dan majalah-majalan sains. 

        Ada beberapa pokok bahasan yang dapat dikembangkan menjadi sebuah teks laporan hasil observasi, yaitu fenomen alam baik dari hewan, tumbuhan, dan keadaan lingkungan. Disamping itu, ada bahasan mengenai peristiwa budaya yang didalamnya mengandung bahasa, seni, dan adat istiadat. Selain itu, kondisi sosial pun dapat dikembangkan menjadi pokok isi yang merunut kepada transportasi, hukum, maupun pendidikan.

        Secara umum, teks laporan hasil observasi digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai pengamatan yang telah dilakukan. Teks ini mempunyai tujuan, fungsi, dan ciri-ciri tertentu yang membuatnya berbeda dengan jenis tulisan lain. 

Nah, agar kalian lebih memahami tentang teks laporan hasil observasi, perhatikan contoh teks berikut:

Mengenal Irau Tengkayu sebagai Kearifan Lokal 
Masyarakat Kalimantan Utara 



Pesta adat Iraw Tengkayu merupakan upacara tradisional masyarakat Tidung di Tarakan, Kalimantan Utara dengan menghanyutkan sesaji ke laut dan diisi dengan berbagai macam perlombaan. Kegiatan ini biasa digelar bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Tarakan.

            Iraw Tengkayu itu sendiri mempunyai dua arti kata diambil dari bahasa Tidung. Iraw yang berarti perayaan atau pesta, sedangkan Tengkayu adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh laut, yang dimaksud pulau kecil disini adalah pulau Tarakan.

Inti dari Festival ini ialah ritual adat Parade Padaw Tuju Dulung yaitu perahu hias yang di arak keliling kota. Pada bagian bawah perahu dipasang beberapa bilah bambu yang digunakan oleh para pemuda untuk mengangkut Padaw Tuju Dulung.  Dahulu panjang perahunya  7 depa, kurang lebih sekitar 12 meter, tapi sekarang panjangnya  hanya 7,10  meter dan lebar 2,10 meter. Perahu ini memiliki tiga bagian utama dan setiap bagian memiliki makna berbeda-beda. Ketiga bagian tersebut adalah haluan, warna, dan tiang.

Padaw Tuju Dulung mempunyai 3 cabang yang disebut dengan haluan. Haluan pada bagian tengah dibuat 3 tingkat. Sementara 2 haluan lainnya yang ada dikanan dan kiri perahu dibentuk menjadi 2 tingkat. Jika dihitung semua tingkat yang ada di masing-masing haluan, maka total ada 7. Angka 7 ini melambang jumlah hari dalam seminggu yang digunakan sebagai perlambangan perjalanan kehidupan manusia yang harinya berulang setiap seminggu sekali.

Padaw Tuju Dulung yang diangkut oleh para pemuda dicat dalam 3 warna yang berbeda, yaitu kuninghijau, dan merah. Bagian dari perahu paling atas mempunyai cat yang berwarna kuning. Dalam budaya suku Tidung, warna kuning melambangkan kehormatan atau sesuatu yang ditinggikan. Oleh karena itulah warna kuning berada pada bagian tertinggi dari Padaw Tuju Dulung. Selain itu hanya satu tiang yang paling tinggi juga melambangkan bahwa satu penguasa tertinggi alam semesta yaitu Yang Maha Kuasa ALLAH SWT. Sedangkan warna merah melambangkan keberanian dan warna hijau melambangkan kepercayaan.

Pada bagian tengah Padaw Tuju Dulung terpasang 5 buah tiang. Jumlah tiang yang ada sebanyak 5 buah merupakan perlambangan dari shalat 5 waktu yang dilakukan oleh umat Islam dalam seharinya. Tiang ini digunakan sebagai tempat untuk mengikat kain yang digunakan sebagai atap. Kain yang digunakan sebagai atap ini disebut dengan pari-pari. Tiang ini juga digunakan sebagai tempat untuk mengikat kain yang dihubungkan ke haluan perahu yang ada di kanan dan kiri.

Festival Budaya Iraw Tengkayu saat ini telah menjadi kegiatan atraksi pariwisata yang menarik dan telah menyedot pengunjung untuk menyaksikannya, baik yang berasal dari Kota Tarakan, luar daerah, maupun wisatawan asing yang datang melalui Tawau, Sabah, Malaysia. Tidak mengherankan jika festival Budaya Iraw Tengkayu ini mendapatkan Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016) Kategori Atraksi Budaya Terpopuler.



         Upacara adat di atas tersebut dikemukakan secara terperinci dalam sebuah teks yang kemudian disebut dengan teks laporan hasil observasi. Menurut KBBI (2008), laporan hasil observasi merupakan laporan tentang segala sesuatu yang dilaporkan atau berita; hasil merupakan sesuatu yang dibuat; observasi berarti pengamatan.  

        Teks di atas melaporkan upacara Irau Tengkayu di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Laporan itu tentu saja bermanfaat bagi banyak pihak, termasuk masyarakat pada umumnya. Dengan membaca teks tersebut, kita mengetahui secara jelas tentang makna atau arti bagian-bagian dari perahu Padaw Tuju Dulung yang menjadi pusat prosesi adat di Kota Tarakan, mungkin pula muncul sikap kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri dan keinginan untuk melestarikannya. 

        Berdasarkan isi teks, fungsi teks di atas adalah memaparkan informasi atau fakta-fakta mengenai suatu objek tertentu, yaitu makna dari haluan, warna, dan tiang yang terdapat perahu Padaw Tuju Dulung.

Karakteristik Teks Laporan Hasil Observasi

        Teks laporan observasi tergolong ke dalam jenis teks faktual. Teks tersebut bertujuan memaparkan informasi atau fakta-fakta mengenai suatu objek tertentu. Objek yang dimaksud bisa keadaan alam, perilaku sosial, kondisi budaya, benda, dan sejenisnya. Cara pengumpulan faktanya dapat dilakukan dengan pengamatan biasa, wawancara, ataupun penelitian lapangan dan laboratorium secara intensif. Dengan cara tersebut, suatu objek dapat digambarkan dengan kata-kata secara jelas. Dengan demikian, pembaca dapat memperoleh gambaran umum tentang suatu objek, baik itu berupa suasana alam, pelaksanaan suatu kegiatan, keberadaan organisasi, ataupun yang lainnya.Wujud teksnya dapat berupa artikel, makalah, ataupun laporan penelitian.

        Setiap teks pasti memiliki struktur dan unsur pembangun. Demikian pula dengan teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur (a) pernyataan umum atau klasifikasi, (b) deskripsi bagian, dan (c) deskripsi manfaat. 


Untuk lebih memahami karakteristik dan struktur teks laporan hasil observasi, sila saksikan tayangan berikut.




Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

        Setiap teks memiliki aspek kebahasaan yang berbeda-beda, demikian pula dengan teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi sangat berkaitan dengan penelitian dan pengetahuan, maka hal ini termasuk kedalam jenis teks formal yang mengharuskan bahasa yang baku atau sesuai kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami. 

Nah...agar lebih memahami aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi, kalian dapat membaca buku paket Bahasa Indonesia di menu buku pada blog ini atau menyaksikan tayangan berikut.



Komentar

  1. Nama : Sandra Dewanda
    Kelas : x mipa 1
    Absen : 35
    Kesimpulan : materi nya sangat lengkap dan jelas sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  2. Nama: Dian Febrianti
    Kelas: X MIPA 1
    Komentar: saya dapat lebih memahami materi menyusun laporan hasil observasi (LHO).dan blog ini juga sangat membantu saya untuk memahami beberapa materi tentang LHO

    BalasHapus
  3. Nama : Lina Nurhidayati
    Kelas : X MIPA 1
    Absen : 17
    Komentar : blog ini sangat berguna bagi pembelajar online dan mudah di pahami, dan juga di sertai video yang membantu pemahaman dalam belajar, terimakasih.

    BalasHapus
  4. Nama:Angga Putra Pratama
    Kelas :x MIPA-1
    absen:5
    Komen:isi tentang LHO

    BalasHapus
  5. Nama : andika
    Kelas : X Mipa1
    Komentar saya materi diatas sangat bagus dan mudah dipahami

    BalasHapus
  6. Nama: Devy Khairina Zalwa
    Kelas: X MIPA 1
    Komentar: penjelasanya lengkap dan jelas dan bahasanya juga mudah di pahami.

    BalasHapus
  7. GILANG RAMADHAN | X MIPA 1 |
    KOMENTAR: Blog ini membahas Pengertian, Contoh, karakteristik, serta Aspek yg terkait dengan teks LHO. Maka dari itu dapat disimpulkan blog ini sangat membantu pembaca dalam mengetahui apa itu teks LHO dan bagaimana memaparkannya

    BalasHapus
  8. Nama : Selfina Yusuf
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : blog ini sangat bagus dan sangat mudah untuk dipahami, serta menambah wawasan para pembaca

    BalasHapus
  9. Nama: juwita purnama sari
    Kelas: X MIPA 1
    absen:16
    Komentar: saya dapat banyak pelajaran dari blog ini. Mudah di pahami, jelas dan ada juga video yang dapat kita pahami.

    BalasHapus
  10. Nama: Agustina
    Kelas : x mipa 1
    Absen: 1
    Komentar: Blog ini sangat membantu dan materinya jelas sehingga dapat mudah dimengerti

    BalasHapus
  11. Nama: Ari riski saputro
    Kelas: X MIPA 1
    Komentar : blog ini sangat membantu mudah untuk di pahami dan kita juga dapat memahami tentang teks lho ini

    BalasHapus
  12. Nama : Muhammad Refinaldi
    Kelas : X Mipa1
    Komentar saya : saya jadi mengetahui secara jelas tentang makna atau arti bagian-bagian dari perahu Padaw Tuju Dulung yang menjadi pusat prosesi adat di Kota Tarakan

    BalasHapus
  13. Nama : Rafanda Dwika Putri
    Kelas : X Mipa 1
    Absen : 29
    Komentar : Blog ini sangat membanti saya untuk bisa memahami lebih dalam soal LHO.

    BalasHapus
  14. Nama : Nazwa Salsabila
    Kelas : X MIPA 1
    Absen : 25
    Komentar : materi ini sangat mudah dimengerti karena dijelaskan secara rinci setra didukung oleh video yang menambah pengetahuan

    BalasHapus
  15. Nama : M Azwa Radya R
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : Alhamdulillah saya bisa lebih mengerti materi tentang LHO setelah membaca blog ini.

    BalasHapus
  16. Nama : Muhamad Latief Firdaus
    Kelas ; x MIPA 1
    Komentar ; saya lebih mudah memahami materi menyusun laporan hasil observasi (LHO)
    Karena penjelasan yg singkat padat dan jelas, kemudian di beri contoh teks laporan hasil observasi yg sangat membantu.

    BalasHapus
  17. Nama:muhammad amril
    Kelas:XMIPA1
    Komentar saya:saya jadi lebih paham tentang LHO berkat blog ibu

    BalasHapus
  18. Nama : Michelle Winata
    Kelas : X MIPA 1
    No. Absen : 20
    Komentar : Melalui blog ini saya dapat kembali mengingat pengertian, contoh, fungsi, dan karakteristik teks observasi yang pernah saya pelajari saat SMP dulu. Penjelasannya juga cukup jelas untuk dimengerti.

    BalasHapus
  19. Nama : Nurwulan Ardelia Asy syifa
    Kelas: X MIPA 1
    Absen: 27
    Komentar: materi yang dijelaskan sangat lengkap, ditambah dengan struktur serta vidio pembelajaran, menjadikan materi yang dijelaskan disini lebih mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  20. Nama: Rif' atul Aribah
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar: Blog ini sangat membantu untuk memahami LHO, karna dijelaskan secara terperinci, dan mudah dipahami

    BalasHapus
  21. Nama : Ahmad Ardiansyah
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : saya bisa memperluas lagi tentang penjelasan LHO dari blog ini dan bisa memperluas kembali pengetahuan tradisi masyarakat tarakan tentang tradisi tuju dulung ini

    BalasHapus
  22. Nama : Rheiva Nanda Sari
    Kelas : X MIPA 1
    Komentar : materi ini sangat lengkap dan mudah di pahami sehingga saya dapat lebih memahami tentang LHO.

    BalasHapus
  23. Nama: Rizky Widi Nugrahany
    Kelas: X MIPA 1
    Absen: 33
    Komentar: Saya jadi lebih mengerti tentang LHO dan lebih mengenal pesta adat Irau Tengkayu. Blog ini sangat berguna dan mudah dipahami

    BalasHapus
  24. saya jadi lebih memahami lagi tentang teks laporan hasil observasi.

    nama : meldhyna luthfia rahmanita
    kelas : x mipa 1

    BalasHapus
  25. Nama: Satya Agista Tanditasik
    Kelas: X MIPA 1
    Absen: 34
    Komentar: materi ini sangat mudah di mengerti dan saya jadi lebih paham di materi ini

    BalasHapus
  26. Nama : Meylisa Bella Tri Anjani
    Kelas : X MIPA 1
    Absen : 13
    Komentar : saya jadi lebih mengerti apa itu teks LHO karna blog ini banyak menjelaskan mulai dari pengertian teks LHO dan karakteristik Teks LHO.

    BalasHapus
  27. Nama : perry candra
    Kelas : X MIPA 1
    Absen : 28
    Komentar : sangat menarik dan mudah dipahami

    BalasHapus
  28. Nama : Desy Ananda Pebryana
    Kelas : X MIPA 1
    Absen :06
    komentar : materi ini sangat mudah di pahami dan saya jadi lebih tahu tentang teks LHO

    BalasHapus
  29. Nama : Arta Ardiyan Samosir
    Kelas : X-MIPA 1
    NO. ABSEN : 8

    Yhhhh.....
    Komentar saya untuk materi observasi ini cukup jelas dan banyak yang harus kita pelajari. Observasi ini mudah kita pahami.

    BalasHapus
  30. Nama:Amnur saidi ramadan
    Kelas:x mipa 2
    Kesimpulan:materi nya sangat lengkap dan jelas sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  31. Nama:Nasruddin Kadir
    Kelas:X MIPA 1
    Kesimpulan:Buku ini sangat mudah di pahami dan di mengerti.

    BalasHapus
  32. Nama: Ilham Wibisono Kuncana
    Kelas:X MIPA 2
    KOMENTAR:MATERI YANG LENGKAP DAN JELAS SEHINGGA MUDAH DI PAHAMI.

    BalasHapus
  33. Nama : Aurel Hadisty Anandira
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : Materi pembelajaran sangat jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  34. Nama:Muhammad Rayyan Maulana
    Kelas:X MIPA 2
    NO.Absen:21
    komentar:materi ini digambarkan secara detail sehingga mudah dipahami dan contohnya juga dari kearifan lokal yang bertujuan mengenalkan budaya lokal kesemua orang

    BalasHapus
  35. Nama : intan purnama sari
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : materi LHO ini sangat mudah dimengerti dan contoh yang di berikan juga cukup mudah di mengerti

    BalasHapus
  36. Nama : Nova Fitriana
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : materi yang di sampaikan lengkap dan jelas. Mulai dari pengertian, contoh teks, struktur teks maupum struktur kebahasaan teks laporan hasil observasi.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Nama: andrila fadilla
    Kelas : x mipa 2
    Komentar : blog nya mudah di pahamin dan menjelaskan materi yg jelas dan lengkap juga menarik

    BalasHapus
  39. Nama :Anggun ayu rizqiana
    Kelas : X MIPA 2
    komentar : blog ini membahas mengenai pengertian, contoh, aspek ,dan karakteristik tentang teks LHO. Materinya sangat mudah dipahami .

    BalasHapus
  40. Nama : Meysyha Shora Angeline
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : Materi cukup ringkas dan jelas, serta disediakan contoh Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) sehingga dapat lebih mudah dipahami.

    BalasHapus
  41. Nama: Bennett Kwan
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: Materi yang disampaikan sangat lengkap dan mudah dipahami serta menarik

    BalasHapus
  42. Nama:Herlambang Dwi Tama
    Kelas:X MIPA 2
    Absen:10
    Komentar:Materi yang disampaikan cukup jelas dan ditambah dengan video pembahasan materi sehingga mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  43. Nama: Syazsa Nabila Az Zahra
    Kelas:X MIPA 2
    Komentar:Materi yg diberikan jelas dan lengkap, serta dapat dipahami.

    BalasHapus
  44. Nama: Zarah Nur Afifah
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: materi tersebut mudah dipahami, jelas, dan menambah wawasan bagi yang membacanya.

    BalasHapus
  45. Nama : Arya Jati Kumara Chung
    Kelas: X MIPA 2
    Absen : 8
    Mudah di mengerti saya jadi lebih tau tentang materi observasi atau LHO ini.

    BalasHapus
  46. Nama : suriani
    Kelas : X Mipa 2
    Komentar : materinya mudah dimengerti karena dijelaskan secara detail dan diberikan contoh yang mudah dipahami.

    BalasHapus
  47. Nama:Nasywa salsabilah putri
    Kelas:x mipa 2
    No absen:22
    komentar:materi ini membuat saya lebih mengerti apa itu teks LHO dan penjelasannya juga sangat jelas dan terperinci

    BalasHapus
  48. Nama : siti Aisyah
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : mudah dipahami dan materi yg di berikan jelas dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  49. Nama: firjatullah putra Setiawan
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: materinya jelas dan mudah dipahami serta penjelasannya Sangat bagus karena tersusun dengan runtut

    BalasHapus
  50. Nama : ryski awalia
    Kelas : x mipa 2
    Komentar : materi ini dapat membantu saya lebih memahami teks laporan hasil observasi dan penjelasannya pun mudah di pahami serta rinci

    BalasHapus
  51. Nama : Fatimah Nur Sailah
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : Materi yang di terangkan sangat jelas dan bagus.

    BalasHapus
  52. Nama: Meirita Ramadhania
    Kelas: X MIPA 2
    Komentar: Penjelasannya sangat lengkap dan mudah dipahami

    BalasHapus
  53. Nama:Ririn khumairoh
    Kelas:X MIPA 2
    Kementar: mudah di mengerti, jadi saya dapat mengetahui lebih banyak mengenai tentang materi observasi atau biasa di sebut LHO.

    BalasHapus
  54. Nama:Lynna Maynaya Maritza
    Kelas:X MIPA 2
    Komentar:Materi yang lengkap dan jelas sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  55. Nama : Muhammad Ichwanul Syahden N
    Kelas : MIPA 2
    Komentar : Materi nya mudah dipahami karena dilengkapi oleh contoh teks dan video penjelasan

    BalasHapus
  56. Nama: Dharma Halim
    Kelas:X MIPA-2
    Absen: 5
    Komentar: materinya jelas,lengkap,dan mudah untuk di pahami.

    BalasHapus
  57. Nama : Tiara Silvia
    Kelas : X MIPA 2
    Komentar : pembelajaran dengan menggunakan blog seperti ini sangat bagus karna mudah di pahami. Materi di berikan dengan sangat jelas dan terdapat contoh yang lebih memudahkan untuk dimengerti. Didalam materi jg terdapat video yang memperjelas materi.

    BalasHapus
  58. Nama:Rio pradipa
    Kelas:X MIPA 3
    komentar:pembelajaran dengan menggunakan blog seperti ini sangat bagus karna mudah di pahami. Materi di berikan dengan sangat jelas dan terdapat contoh yang lebih memudahkan untuk si mengerti. Didalam materi juga terdapat video yg memperjelas materi.

    BalasHapus
  59. Nama: Muhammad Arik cut Bukhori
    Kelas: X MIPA 3
    Komentar: pembelajaran dengan menggunakan blog tersebut sangat jelas dan mudah di pahami penjelasannya dan jadi gampang buat belajar

    BalasHapus
  60. Nama : Bayu Firdaus Hananto
    Kelas : Mipa 3
    Menurut saya blog ini telah mengajarkan lho merupakan teks yg faktual/sesuai fakta mengenai objek tertentu

    BalasHapus
  61. Nama: Cristika Adelia
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar: Materi yang disampaikan mudah dipahami dan sangat jelas untuk dimengerti

    BalasHapus
  62. Nama : Anni
    kelas : X Mipa3
    penjelasannya sangat bagus di tambah lagi dengan video sehingga tambah lengkap dan jelas

    BalasHapus
  63. Nama : Andi putra
    Kelas: MIPA 3
    Komentar:dalam materi ini menjelaskan lho dgn teks yg fatual atau sesuai fakta..yg ada.

    BalasHapus
  64. Nama : Michelle Camilli
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : melalui blog ini saya jadi lebih paham mengenai Teks Laporan Hasil Observasi karena kata-kata yang dipakai mudah dimengerti dan yang pastinya jelas

    BalasHapus
  65. Nama : joan Tabita
    Kelas X MIPA 3
    Komentar: melalui blog ini saya bisa memahami apa itu teks LHO

    BalasHapus
  66. Nama : Shaquille Ali Zinky
    Kelas : X MIPA3
    Komentar : materi mudah dipahami

    BalasHapus
  67. Nama : Hesekiel Saputra Panjaitan
    Kelas. : X MIPA 3
    Sangat bagus materi yang disampaikan jelas sehingga kita dapat mengetahui apa itu Iraw Tengkayu

    BalasHapus
  68. Nama : Bintang Dwi Hana F.S
    Kelas : MIPA 3
    Komentar: materi yang dijelaskan sangat mudah di mengerti, semuanya penjelasan sangat terperinci ditambah video-video pemahaman

    BalasHapus
  69. Nama: Fenny Chandra
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar: dari materi yang ibu sampaikan saya semakin mengerti tentang LHO ini, seperti LHO itu bersifat nyata atau fakta, juga LHO berasal dari hasil pengamatan kita, dari meteri ini juga saya dapat mengerti dan mengetahui struktur laporan hasil observasi itu seperti apa. Terima kasih:)

    BalasHapus
  70. Nama : raihan hafiz
    Kelas : x mipa 3
    Komen : materinya lengkap dan jelas

    BalasHapus
  71. Nama: Syahrika Fadhillah
    Kelas: X MIPA 3
    Komentar: Materi yang dijelaskan sangat mudah dimengerti ditambah lagi dengan sususan kalimat yang jelas dan terstruktur sangat memudahkan pembaca dalam memahami materi yang di berikan

    BalasHapus
  72. Nama : Apriansyah
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : materinya bagus dan mudah dipahami

    BalasHapus
  73. Nama: Syahrika Fadhillah
    Kelas: X MIPA 3
    Komentar: Materi yang dijelaskan sangat mudah dimengerti ditambah lagi dengan sususan kalimat yang jelas dan terstruktur sangat memudahkan pembaca dalam memahami materi yang di berikan

    BalasHapus
  74. Nama : Apriansyah
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : materinya bagus dan mudah dipahami

    BalasHapus
  75. Nama: Alma Ash Shofi M.S
    Kelas : X MIPA 3
    Komen: materinya sangat jelas dan mudah dipahami,

    BalasHapus
  76. Nama : Ester Lusia A.
    Kelas : X MIPA 3
    komentar : materi singkat dan mudah dipahami

    BalasHapus
  77. Aliah Rezky
    Kelas : X MIPA3
    Komentar: alhamdulillah sdh belajar di smp jadi bisa paham lebih cepat

    BalasHapus
  78. Nama :zhalzhah khumairah
    Kelas :X MIPA 3
    No. Absen:36
    Komentar :materi dari blog ini mudah di mengerti dan dipahami karena memiliki penjelasan dan video nya sangat menarik

    BalasHapus
  79. Nama :zhalzhah khumairah
    Kelas :X MIPA 3
    No. Absen:36
    Komentar :materi dari blog ini mudah di mengerti dan dipahami karena memiliki penjelasan dan video nya sangat menarik

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Nama : Febylenzia
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : Dari blog ini saya dap kembali mmengingat materi tentang LHO baik dari pengertian sampai dengan karakristik, dan materi yang disampaikan juga mudah dipahami.

    BalasHapus
  82. Nama : Nurul Muakila
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : materinya jelas dan mudah di pahami

    BalasHapus
  83. Nama :Lovita cicielia chandra
    Kelas : X MIPA 3
    Komentarnya: "materi dari blog di atas sangat bagus, baik dalam penyusunan nya, kebahasaan nya, dan ada juga contoh teks yang di berikan beserta penjelasan struktur, dan ciri kebahasaan laporan hasil observasi (LHO), yang sangat membantu siswa dalam pembelajaranan secara daring online, di masa covid ini"

    BalasHapus
  84. Nama : Berliana maharani putri
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : materiny jelas sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  85. Nama : Retna Tria Pristica
    Kelas : X MIPA 3
    Komentar : Menurut saya, pada materi LHO ini sangat jelas, detail, dan disediakan beberapa video untuk dipelajari.

    BalasHapus
  86. Nama : Sophia Aprilyana
    Kelas : X MIPA 3
    Absen : 32
    Komentar : materinya sangat membantu untuk saya pahami

    BalasHapus
  87. Nama: Cellyna Letizia Agustinus
    Kelas: X MIPA 3
    Komentar: penjelasan nya jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  88. Nama : Muhammad.Riski.Ramadan

    Kelas : X-BAHASA

    KOMENTAR:mengenai Blog diatas tententang LHO sangat jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  89. Nama Rizky Amma
    Kelas X Bahasa
    Komentar:blog ini sangat membantu mudah untuk di pahami dan kita juga dapat memahami tentang teks lho ini, materi nya sangat lengkap dan jelas sehingga mudah dipahami

    BalasHapus
  90. Nama: Nirina Nurazzahrah
    Kelas: X-Bahasa
    Materi yang dijelaskan di atas sangat jelas sehingga mudah dipahami.

    BalasHapus
  91. Nama : Trixie Ariella Paskyo Mou
    Kelas : X Bahasa

    Materi yang dijelaskan pada blog sangat lengkap dan jelas, jadinya setiap informasi yang ada dapat dicerna dan dipahami dengan baik. Cara menjelaskan nya juga bukan hanya sekedar tulisan yang banyak, namun juga disertakan video yang dapat membuat kita lebih mengerti dan tidak mudah jenuh.

    BalasHapus
  92. Nama:lailida subhi fitriani
    Kelas: X BAHASA
    Komen:materi ini sangat bagus, dalam penyusunan nya, kebahasaan nya,ada juga contoh teks yang di berikan penjelasan struktur, dan ciri kebahasaan laporan hasil observasi materi diatas sangatlh jelas.

    BalasHapus
  93. Nama:RIDHO FILEGON NAINGGOLAN
    KELAS:X bahasa
    KOMENTAR:materi dari blog tersebut sangat bagus,baik dalam penyusunannya dan berserta struktur LHO(LAPORAN HASIL OBSERVASI)SANGAT BAIK

    BalasHapus
  94. Nama:Calvin devino fernando pratam
    Kelas: X Bahasa
    KOMENTAR:Materi yang dijelaskan pada blog sangat lengkap dan jelas, jadinya setiap informasi yang ada dapat dicerna dan dipahami dengan baik. Cara menjelaskan nya juga bukan hanya sekedar tulisan yang banyak, namun juga disertakan video yang dapat membuat kita lebih mengerti dan tidak mudah jenuh.

    BalasHapus
  95. Nama : Najwa Putri
    Kelas : X BAHASA
    Tanggapan saya :
    Penjelasan mengenai materi laporan hasil observasi yang dipaparkan jelas dan bisa dipahami. Ketika masih di bangku SMP juga pernah dijelaskan tentang materi LHO ini.

    BalasHapus
  96. Nama:Bintang Christopher Manuel
    Kelas: X Bahasa

    Materi yang dijelaskan sangat mudah dimengerti, saya jadi mengerti struktur membuat LHO(Laporan Hasil Observasi).

    BalasHapus
  97. Nama:kety aprilita
    Kelas:X bahasa
    Komentar:materi ini sangat lengkap sehingga mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  98. NAMA:AMALIA SARI
    KELAS:X BAHASA
    KOMENTAR:Materi sngat jelas dan mudah untuk di pahami dan saya jadi mengerti membuat struktur LHO(Laporan hasil observasi)

    BalasHapus
  99. Nama: Aulia candrakanti
    Kelas: X Bahasa
    Tanggapan: Materi yang dijelaskan lengkap dan rinci sehingga dapat dengan mudah untuk dipahami.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Cerita Sejarah

LKPD Teks Cerita Sejarah