Yuk, Menulis Ikhtisar dan Sinopsis Buku

Yuk, Menulis Ikhtisar dan Sinopsis Buku


Assalamualaikum wr.wb. Salam sehat untuk kita semua.
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan jangan lupa bahagia ya.
Selamat datang di blog Cinta Sastra dan Bahasa Indonesia, media untuk meningkatkan literasi.

Kali ini kita akan berlatih menulis ikhtisar dan resensi buku. Sebelum memulai membaca buku milik kalian dan menulis, yuk kita berdoa terlebih dahulu...

Coba baca dengan saksama ikhtisar buku fiksi berikut:


Identitas Buku

 

Judul Buku                : Tips & Trik Jago Main Rubik.
Penulis Buku            : Wicaksono Hadi.
Penerbit Buku          : Gradien Mediatama.
Cetakan                     : 1, 2009.
Jumlah halaman      : 184 halaman.


Panduan Menyelesaikan Rubik untuk Pemula

Terdapat beragam metode untuk menyelesaikan rubik, diantaranya adalah layer by layer method atau metode lapis demi lapis. Metode inilah yang paling mudah dan populer dipelajari oleh pemula.

Rubik yang berdimensi 3x3x3 terdiri atas 26 piece (kubus kecil), yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu center piece (berjumlah 6 buah), edge piece (berjumlah 12 buah), dan corner piece (berjumlah 8 buah). Kategori tersebut adalah kategori rubik yang standar,

 Ada beberapa notasi sebagai panduan gerakan untuk menyelesaikan permainan rubik, yaitu notasi putaran tunggal, notasi putaran ganda, notasi putaran iris, dan notasi rotasi. Seluruh notasi ini perlu dipahami agar dapat mengikuti panduan awal dalam menyelesaikan rubik.

Dengan panduan notasi-notasi yang telah dijelaskan, pembaca dapat menyelesaikan rubik hanya dalam tujuh langkah. Ketujuh langkah tersebut antara lain, membuat cross putih, menyelesaikan lapis pertama, menyelesaikan lapis kedua, membuat cross kuning, membuat atap kuning, memperbaiki corner lapis ketiga, menyelesaikan lapis ketiga.  

Speedcubing: Menyelesaikan Rubik dengan Cepat

Ada beberapa istilah yang digunakan untuk seni rubik ini. Speedcubing/speedsolving adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu sesingkat-singkatnya. Sedangkan orangnya disebut speedcuber.

Untuk menjadi seorang speedcuber tidak ada tolok ukur waktu menyelesaikan rubik. Namun, dengan teknik yang tepat dan rubik yang baik, maka kecepatan dalam menyelesaikan rubik pun menjadi “luar biasa”.

...


Nah, sekarang kalian pasti tahu kan seperti apa menyusun ikhtisar itu? Untuk menambah dan melengkapi pengetahuan kalian, akan disajikan materi tentang apa itu ikhtisar. Sila dibaca dan dipahami dengan baik ya...

Ikhtisar mengandung sebagian gagasan teks. Teks ikhtisar tidak berisi opini penulis terhadap suatu karya, sehingga isinya hanyalah pokok-pokok utama dalam buku. Ikhtisar juga tidak terikat gaya penulisan atau penggunaan kata tertentu. Ikhtisar bersifat ringkas dan menyatakan isi karya apa adanya. Karena itu dalam ikhtisar, pembaca dibiarkan untuk menilai sendiri karya itu dengan menyajikan inti bahasan dari buku tersebut.

Ada beberapa langkah yang dilakukan ketika menulis ikhtisar, yaitu:

1.   membaca karya asli untuk mengetahui bahasan dari karya tersebut untuk memperoleh isi buku dan pesan yang ingin disampaikan.

2.    mencatat gagasan utama. Agar tidak lupa, lebih baik gagasan utama yang ditemukan dicatat.

3.    menyusun kerangka tulisan berdasarkan gagasan utama yang telah ditemukan.

4.    memeriksa ikhtisar yang telah ditulis untuk mengoreksi kesalahan penulisan maupun susunan kalimat agar dapat dimengerti oleh pembaca dengan mudah.

Jangan lupa ya, ketika menulis ikhtisar, terkadang perlu memeriksa kembali karya aslinya untuk memastikan jika ikhtisar yang ditulis sesuai dengan karya tersebut.


Nah, jika kalian sudah memahami apa yang dimaksud ikhtisar, kali ini yuk kita pahami perbedaan antara ikhtisar dan resensi.

Baca dan cermati dengan saksama contoh sinopsis buku fiksi berikut.


Oleh : Diah Ratih Anggraini

Identitas Buku

Judul                                : Tentang Kamu

Penulis                            :Tere Liye

Jumlah Halaman         :vi+524 halaman

Penerbit                          :Republika

Tahun Terbit                : 2017

Cetakan                           :ke-7

Semua sudah paham tentang karya Tere Liye yang pasti memiliki "isi" pada tiap paragrafnya. Kami mendapatkan novel terbitan Republika ini November 2016 lalu. Dimana yg kami pegang ini adalah cetakan ke.2 oktober 2016 setelah cetakan 1 juga pada Oktober 2016. Luar biasa bukan. 2 periode cetak dalam bulan yg sama. Novel ini persis sebagai puzzle biografi dari seorang tokoh utama bernama Sri Ningsih. Sangat lengkap. Dari kelahirannya, pekerjaannya, kisah cintanya hingga kematiannya.

Kisah biografis ini dikemas melalui petualangan seorang Zaman Zulkarnaen, pengacara dari Thompson and co. yang ditugasi menyelesaikan warisan Sri Ningsih. Layaknya sebuah cerita pasti memiliki konflik untuk diselesaikan hingga tercapai klimaksnya. Problematika novel ini diungkapkan sekaligus diawal cerita, yakni siapakah ahli waris Sri Ningsih. Dari situlah cerita ini bermula. Sang lawyer berkeliling melintasi 2 benua untuk memecahkan teka-teki yang ditinggalkan Sri Ningsih agar amanatnya tersampaikan dgn apik. Selain juga menghindari heir hunters yg memang marak di Inggris.

Perjalannya dimulai di Perancis, panti jompo tempat Sri Ningsih menghabiskan sisa-sisa hidupnya. Disana, Zaman bertemu dengan Aimee, perawat panti jompo tsb yg akrab dgn Sri. Aimee memberikan diary milik Sri kepada Zaman, yang inilah jadi perbekalan Zaman menyusuri kehidupan Sri dari Pulau Bungin ke Surakarta hingga pindah ke Jakarta lalu praktis berhenti disana tanpa jejak menghilang.

Sri melalui masa kanak-kanaknya di Pulau Bungin. Mereka adalah keluarga asli Jawa yg merantau disana. Melaut merupakan pekerjaan utama bagi ayah Sri. Bersama dgn ayah dan ibu tirinya, Nusi Marata. Ibu Sri meninggal saat melahirkan Sri. Ayah Sri meninggal 2 minggu setelah kelahiran Tilamuta, adik tiri Sri. Pasca kematian ayahnya inilah, Sri mengalami kepahitan hidup dgn siksaan ibu tirinya yg menyalahkan Sri sbg sebab meninggalnya sang ayah. Hingga Sri disebut sbg anak yg dikutuk.

Singkatnya, Nusi Marata meninggal karena tragedi kebakaran di rumah mereka sendiri. Saat itulah, Sri dikirim ke Jawa, tepatnya Surakarta untuk belajar di sebuah pesantren. Dimana inisiasi tsb berasal dr Guru Bajang, gurunya di Pulau Bungin yg tau potensi Sri Ningsih sebagai anak cerdas. Di Surakarta, Sri bertemu Nur'aini, anak Kyai Pesantren yg menjadi sahabatnya kelak. Sri juga bertemu Sulastri yg menjadi musuh abadinya bahkan hingga setelah Sri meninggal.

Sri menjadi seorang guru bahasa di pesantren tersebut setelah belajar bertahun-tahun pula disana. Masa pemberontakan PKI menjadi tanda berakhirnya kehidupan Sri di Surakarta. Pesantren dibumihanguskan oleh PKI yang menewaskan Kyai beserta istrinya. Serta tidak meninggalkan jejak keberadaan Tilamuta, adik Sri yg dikira telah dibunuh oleh para pemberontak. Dibalik pemberontakan tsb adalah Sulasri, yang memiliki dendam tak bertuan pada keluarga Kyai yg menyangka bahwa Kyai telah membunuh ayah dan ibunya dahulu.

Sri mengalami kepahitan, hingga akhirnya berpindah ke Jakarta dan membangun diri menjadi seorang pengusaha. Mulai dari usaha makanan, taksi hingga memiliki pabrik sabun yang sukses. Dan akhirnya dari sinilah harta Sri bermula. Lepas dari kesuksesan itu, Sri menjual kepemilikan pabriknya pada perusahaan sabun multinasional saingannya. Dijual dengan kepemilikan saham senilai 1% pada perusahaan multinasional tersebut.

Di London Sri Ningsih bekerja sebagai sopir bus 2 tingkat yang berwarna merah. Di sanalah Sri Ningsih menemukan kekasihnya, Hakan yang berkebangsaan Turki. Sri Ningsih menikah dan sempat mempunyai 2 anak namun hanya dalam jangka waktu beberapa jam. Akibat perbedaan rhesus antara Sri Ningsih dan suaminya. Kebahagiaan Sri Ningsih berlangsung tidak begitu lama. Ia kembali lagi mendapat cobaan dengan kematian sang suami tercinta.

Dengan kematian suaminya Sri Ningsih memutuskan untuk tinggal di panti jompo yang terletak di Paris, dan juga merupakan perjalanan hidup terakhir Sri Ningsih. Perjalanan panjang yang melelahkan hingga ia harus meninggalkan semuanya. Bersembunyi dan tinggal di panti jompo. Sebelum meninggal Sri Ningsih sempat membuat surat wasiat untuk pembagian harta warisan yang ia miliki. Akhirnya Zaman dapat menyelesaikan tugasnya untuk mendapatkan ahli waris dari seorang Sri Ningsih.

Sumber: https://www.wawanlistyawan.com/2017/07/review-novel-tentang-kamu-tere-liye.html dengan beberapa pengubahan


Setelah membaca contoh ikhtisar dan sinopsis, apakah kalian melihat perbedaannya? Agar kalian dapat lebih memahami tentang dan langkah-langkah menulis sinopsis, yuk baca materi berikut.

Sinopsis merupakan ringkasan suatu karya atau gagasan/ide yang ditulis dalam bentuk narasi. Sinopsis bukanlah resensi, sebab resensi tidak hanya meringkas tetapi juga menyimpulkan kelebihan dan kekurangan buku sesudah dibaca.

Dalam sinopsis keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pengarangnya. Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halamam, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli, jadi dapat disimpulkan bahwa sinopsis secara obyektif menceritakan isi karya sedangkan resensi berupa penilaian terhadap suatu karya.

Berikut ini adalah ciri-ciri sinopsis

1.    Alur/plot/jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis dan tepat.Alur sinopsis sebaiknya sama dengan alur aslinya.

2.    Bahasa yang digunakan mengutamakan aspek persuasif.

3.    Terdapat ajakan/rangsangan/motifasi bagi calon pembaca, untuk membaca buku tersebut.

4.    Menampilkan konflik yang menarik secara singkat membuat calon pembaca penasaran.

Langkah-langkah Menyusun Sinopsis

1.    Bacalah naskah asli berulang kali sampai benar-benar diketahui maksud dan pandangan  pengarang.

2.    Pada saat membaca perlu digarisbawahi atau dicatat ide sentralnya (pokok pikiran, kalimat pokok/kalimat inti).

3.    Kesampingkan dulu teks asli sesudah dicatat ide sentral atau hal-hal pokok yang telah diketahui, kemudian kembangkan catatan-catatan tersebut dengan bahasa sendiri.

4.    Pergunakanlah kalimat-kalimat tunggal, bila memungkinkan hindari pemakaian kalimat majemuk atau mengulang kalimat, gunakan kalimat sederhana yang efektif.

5.    Ringkaslah kalimat menjadi frase, dan frase menjadi kata.

6.    Bila terdapat rangkaian ide atau gagasan dari beberapa alinea, maka ambilah ide sentralnya saja atau pokok pikiran dan kalimat pokok/intinya.

7.    Buanglah beberapa alinea yang dapat diwakili dengan satu alinea saja, atau sebaliknya, dan pertahankan alinea yang memang harus dipertahankan.

8.    Pertahankanlah kalimat yang tidak memungkinkan untuk disederhanakan, sehingga keaslian suara pengarang tetap dapat dipertahankan pula, yaitu kata kunci yang ada pada kalimat tersebut.

9.    Buanglah seluruh kata tugas yang memungkinkan untuk dibuang, tetapi pertahankanlah susunan ide yang tersusun sesuai naskah aslinya.

Menyusun sinopsis sama dengan menyusun ringkasan karangan, menyusun ringkasan karangan ibarat memangkas sebuah pohon besar menjadi pohon kecil yang padat dan berisi. Maka hasil sinopsis adalah sebuah karangan pendek sesuai dengan karangan aslinya.




Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bintang Dwi Hana F Silaban X MIPA 3

    BalasHapus
  3. SOPHIA APRILYANA X MIPA 3
    saya sudah paham dan mengerti jadi saya tinggal memahami lebih dalam tentang ikhtisar karena ikhtisar materi yang baru saya kenal

    BalasHapus
  4. Rheyna Amelia Army , X MIPA 3

    BalasHapus
  5. Bayu Firdaus Hananto Kelas X Mipa 3

    BalasHapus
  6. Cellyna Letizia Agustinus kelas X MIPA 3

    BalasHapus
  7. Thubasa P. Simatupang,X MIPA 3

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama : Hesekiel Saputra Panjaitan
    Kelas: X MIPA 3
    Komentar saya tentang LKPD ini sangat bagus karena terdapat penjelasan mengenai panduan menyelesaikan rubrik bagi pemula dan pengertian dari sinopsis, bahasanya juga mudah dipahami

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama : Retna Tria Pristica
    Kelas: X MIPA 3
    Tanggapan : Materi yang diberikan jelas dan mudah dimengerti. Dapat menambah wawasan saya mengenai ikhtisar dan perbedaan antara sinopsis dengan resensi.

    BalasHapus
  12. Nama:Syahrika Fadhillah
    Kelas: X MIPA 3
    Tanggapan: Informasi dan pesan yg disampaikan pada materi diatas sangat jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  13. Muhammad Andhika Zulfan Fahrezi , X Mipa 3

    BalasHapus
  14. Nurul Muakila X MIPA 3
    Tanggapa saya :
    Mengenai kedua sinopsis Novel diatas saya menemukan pembelajaran pada novel yg pertama yaitu mengenai permainan Rubik dan 7 langkah cara/panduan menyelesaikan rubik dengan cepat namun tidak secara terperinci.
    Pada novel kedua saya menemukan pembelajaran hidup seorang guru yang bernama Sri dan tentang kehidupannya beserta orang-orang yang dalam cerita hidupnya. Dari sini saya terinspirasi mengenai cerita kehidupan yang penuh suka duka dari kepahitan hidup hingga meraih kesuksesan hidup

    BalasHapus
  15. Nama: Muhammad Arik cut Bukhori
    Kelas:X MIPA 3
    Tanggapan saya mengenai buku tersebut:
    Semua isi buku yang di terangkan sdh sangat jelas dan mudah di pahami,cara penyusunan ceritanya seperti:1=ciri sinopsis nya
    2=langkah-langkah menyusun sinopsis nya

    BalasHapus
  16. Informasi dan pesan yang disampaikan sangat mudah dipahami, isi buku sanggat jelas dan terang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Nur Hasmi
      Kelas ; X IBB

      Tanggapan saya mengenai buku tersebut :
      Informasi yang ada diatas sangat baik dan mudah untuk di pahami dan isi buku nya bagus dan jelas bisa dipahami

      Hapus
  17. Tanggapan : Materi yang diberikan jelas dan mudah dimengerti. Dapat menambah wawasan saya mengenai ikhtisar dan perbedaan antara sinopsis dengan resensi
    Rizky bintang Pratama
    X - Bahasa

    BalasHapus
  18. NAMA RIZKY AMMA
    KELAS BAHASA
    TANGGAPANN: Mengenai kedua sinopsis Novel diatas saya menemukan pembelajaran pada novel yg pertama yaitu mengenai permainan Rubik dan 7 langkah cara/panduan menyelesaikan rubik dengan cepat namun tidak secara terperinci.
    Pada novel kedua saya menemukan pembelajaran hidup seorang guru yang bernama Sri dan tentang kehidupannya beserta orang-orang yang dalam cerita hidupnya. Dari sini saya terinspirasi mengenai cerita kehidupan yang penuh suka duka dari kepahitan hidup hingga meraih kesuksesan hidup, Informasi dan pesan yg disampaikan pada materi diatas sangat jelas dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  19. NAMA:SITI HAJAR
    KELAS:X-IBB
    Tanggapan saya:
    saya sudah paham dan mengerti jadi saya tinggal memahami lebih dalam tentang ikhtisar karena ikhtisar sinopsis materi yang baru saya kenal.

    BalasHapus
  20. Nama :Rizkiani
    Kelas :X IBB
    Tanggapan :Setelah membaca materi diatas saya dapat memahami apa itu ikhtisar

    BalasHapus
  21. Nama:Bintang Chirstopher M
    Kelas: X Bahasa
    Tanggapan:Materi yang diberikan sangat jelas dan mudah dipahami,kita jadi tahu apa yang dijelaskan tentang ikhtisar dan sinopsis.

    BalasHapus
  22. Nama : Trixie Ariella Paskyo Mou
    Kelas : X Bahasa

    Pembahasan yang ada pada blog ini menurut saya sudah sangat baik. Namun merasa kurang nyaman dengan tulisan nya, karna jarak spasi atas dan bawahnya seperti terlalu berdekatan.
    Namun secara keseluruhan materi sangat baik, bagaimana kita diperlihatkan dua hal yang mungkin sangat terlihat mirip namun ternyata berbeda yaitu ikhtisar dan sinopsis buku.

    BalasHapus
  23. Tanggapan:informasi dan pesan Yang disampaikan pada materi di atas sangat jelas dan mudah untuk di pahami
    Nama: Calvin devino
    Kelas : x IBB

    BalasHapus
  24. Nama : Najwa Putri
    Kelas : X IBB
    Tanggapan saya :
    Penjelasan materi yang diberikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Saya jadi mengetahui apa itu ikhtisar dan sinopsis, langkah penyusunannya, serta perbedaan antara ikhtisar dan sinopsis.

    BalasHapus
  25. Nama:Ridho Filegon Nainggolan21
    Kelas:X bahasa
    Tanggapan:Materi yang diberikan sangat jelas dan mudah dipahami tentang perbedaan Sinopsis dan resensi

    BalasHapus
  26. Nama: Nirina Nurazzahrah
    Kelas: X-IBB
    Tanggapan:
    Materi tentang ikhtisar dan sinopsis diatas sudah sangat jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  27. Nama : M.Rizky Sultan
    kls : X - IBB
    tanggapan saya : refrensi ini sudah lebih dari cukup , tapi semisalnya ada refrensi yang lain boleh di share agar pengetahuan semakin bertambah.

    BalasHapus
  28. Nama :Fauzitiara
    Kelas :X BAHASA

    Tanggapan: informasi dan pesan yang disampaikan pada materi ini sangat jelas dan mudah untuk dimengerti

    BalasHapus
  29. Nama:Nichola.A
    Kelas:X BHS
    Tanggapan:materi sangat jelas dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  30. Nama:kety aprilita
    Kelas:X bahasa
    Tanggapan saya:materi yang di berikan sangat jelas dan mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  31. Nama :lailida subhi fitriani
    Kelas: X BAHASA
    MATERI TERSEBUT MEMBAHAS TENTANG IKHTISAR DAN SINOPSIS YANG SAYA DAPAT DRI MATERI INI SAYA DAPAT MENGETAHUI PERBEDAANNYA DAN PENJELASAN”YG SDH DITUNJUKAN

    BalasHapus
  32. NAMA:M.yasin akbar. Kelas:X IBB. TANGGAPAN:menurut saya pembahasan materi kali ini sangan jelas dan mudah dipahami dan kita dapat mengetahui apa itu ikhtisar dan apa itu sinopsis,

    BalasHapus
  33. NAMA:M.yasin akbar. Kelas:X IBB. TANGGAPAN:menurut saya pembahasan materi kali ini sangan jelas dan mudah dipahami dan kita dapat mengetahui apa itu ikhtisar dan apa itu sinopsis,

    BalasHapus
  34. NAMA : SITI HASARA NURUL HIDAYAT
    KELAS : X IBB (BHS INDO)
    Apa saya yang pelajari dari menteri tersebut sangat lengkap dan baik dalam penjelesan dan sangat mudah di mengerti dari wawasan mengenai dari ikhtisar dan sinopsis dan adapun langkah" dalam menyusun dan ciri cirinya dari ikhtisar dan sinopsis terimakasih ibu atas meteri dan penjelasan sangat baik dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  35. Nama: Mega amelia sari
    Kelas: X IBB
    Materinya mudah di pahami dan saya dapat mengerti apa itu ikhtisar

    BalasHapus
  36. Nama: Eka Putri Agusliani Adelia
    Kelas : X IBB
    Tanggapan: sangat jelas dan mudah dipahami, apa itu ikhtisar dan sinopsis.

    BalasHapus
  37. Nama:Octaviana Romadhani
    Kelas:X(bahasa)
    Tanggapan:menurut saya materi pada hari ini penjelasan nya sangat lengkap dan mudah untuk di pahami serta di penjelasan tersebut menjelaskan tentang perbedaan antara sinopsis dan ikhtisar

    BalasHapus
  38. nama: Daniel yunus lebang
    kelas: X BAHASA

    Tanggapan : Materi yang diberikan jelas dan mudah dimengerti. Dapat menambah wawasan saya mengenai ikhtisar dan perbedaan antara sinopsis dengan resensi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Cerita Sejarah

LKPD Teks Cerita Sejarah