Seminar dan Diskusi Panel

Yuk Mengenal Seminar dan Diskusi Panel
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay



Assalamualaikum wr.wb. Salam sehat untuk kita semua.
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan jangan lupa bahagia ya.
Selamat datang di blog Cinta Sastra dan Bahasa Indonesia, media untuk belajar berkomunikasi.

Kali ini kita akan berlatih berkomunikasi melalui kegiatan seminar atau diskusi panel. Sebelum memulai membaca ringkasan materi ini, yuk kita berdoa terlebih dahulu...

PENGERTIAN

A. Seminar
        Seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah dengan panduan moderator. Pembahasan seminar dilakukan secara ilmiah oleh ahli di bidangnya (pembicara/pemrakarsa). Peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah.
        Menurut KBBI, seminar ini merupakan sebuah persidangan atau pertemuan yang dilakukan untuk membahas sebuah masalah yang berada pada bawah pimpinan seorang ahli bisa jadi pakar, guru besar ataupun yang lainnya. Tujuan dari diadakannya seminar ini adalah untuk mencari pemecahan masalah.         Oleh karena itulah pada sebuah seminar akan selalu ditutup dengan sebuah kesimpulan ataupun keputusan yang didapatkan dari hasil pandangan bersama. Dalam seminar ini terkadang pula diikuti dengan beberapa rekomendasi ataupun solusi didalamnya.

B. Diskusi Panel
        Diskusi panel adalah diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang (disebut panelis), membahas suatu topik dan dilaksanakan dihadapan khalayak.Dari sebuah diskusi panel akan diperoleh informasi yang dapat memperkaya pengetahuan tentang suatu masalah dari beberapa titik pandang yang berbeda. Dalam panel tersebut terdiri dari beberapa orang yakni 3-6 orang yang memang sudah dianggap ahli. Diskusi panel juga dipimpin oleh seorang moderator dan dapat dibantu oleh notulis.
        Dari sebuah diskusi panel akan diperoleh informasi yang dapat memperkaya pengetahuan kita tentang suatu masalah atau topik dari beberapa titik pandang yang berbeda. Pokok-pokok pembicaraan merupakan bagian penting yang dapat diuraikan dalam suatu pembicaraan. Bagian penting itu bisa berupa gagasan atau pokok permasalahan.
        Pelaksanaan diskusi panel dimulai dengan pembahasan masalah oleh panelis. Pada panelis menyampaikan gagasannya secara bergiliran. Mereka mendiskusikan masalah yang diajukan hingga menghasilkan kesimpulan. Ketua diskusi yang memandu jalannya diskusi merangkum hasil diskusi, kemudian mempersilahkan peserta dan pendengar untuk memberikan komentar.

Terlihat hampir sama ya? Apakah kalian masih bingung untuk membedakan seminar dan diskusi panel? Jika kalian masih ragu-ragu, yuk simak tayangan berikut !

Contoh Seminar Online


Contoh Diskusi Panel

    Nah, Anak-anak hebat...apakah sekarang kalian dapat membedakan antara seminar dan diskusi panel?
Jika belum memahami, silakan untuk berdikusi interaktif bersama gurumu atau kalian dapat menyusuri ilmu pengetahuan dari berbagai sumber, baik sumber yang berasal dari buku (bahan cetak) maupun sumber dari berbagai media sosial. 

    Jika kalian sudah memahami perbedaan keduanya, ayo lanjut untuk membuka menu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)

Komentar

  1. Materinya mudah di mengerti dan dijelaskan secara jelas , tidak terlalu berlebihan, dan terdapat contoh diskusi dan seminar online yang dilakukan. Saya juga dapat memahami perbedaan antara seminar dan diskusi panel tersebut dengan Jelas

    BalasHapus
  2. Menurut saya perbedaan antar seminar dan diskusi panel adalah dari pembicaranya, pembicara dari seminar adalah orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya sedangkan diskusi panel pembicaranya adalah orang-orang yang dianggap ahli

    BalasHapus
  3. Alhamdullilah saya sudah paham
    Terimakasih buy atas penjelasannya

    BalasHapus
  4. Raffi : Menurut saya, materi yang diberikan sudah jelas dan mudah dipahami. Didalam blog ini juga sdh diberikan contoh (tayangan) sebagai salah satu dari pehaman kita agar lebih mudah lagi memahami antara diskusi panel dan seminar, terima kasih

    BalasHapus
  5. Marlina
    Materi nya mudah di pahami dan di mengerti terdapat juga contoh²,jadi semakin midah memahami nya...

    BalasHapus
  6. Yanda, jika kita hanya membaca tanpa menyaksikan pembahasan dari kedua video tersebut, sempat membuat bingung. Namun, setelah membaca serta menonton pembahasan mengenai seminar dan diskusi panel di atas, ternyata materinya cukup mudah untuk dipahami.

    BalasHapus
  7. Lexhansel Winarsim
    Menurut yang saya pahami, seminar dengan diskusi panel memiliki perbedaan dan juga persamaan
    Perbedaannya adalah partisipannya. Dimana penjabaran ilmu dalam seminar hanya dibawakan oleh 1 orang ahli dan dibicarakan di depan banyak orang.
    Sedangkan diskusi panel dibawakan oleh sekelompok orang yang dianggap ahli yang dimana sekelompok orang tersebut menjelaskannya dengan berbagai perspektif yang berbeda.

    Persamaannya adalah dari kedua hal tersebut, sama-sama memiliki fungsi untuk memecahkan suatu permasalahan dan menambah wawasan baru bagi pendengar.

    BalasHapus
  8. Materi tentang seminar dan diskusi panel yang tertera sudah sangat mudah untuk dipahami, adanya cuplikan video mengenai contoh perbedaan dari seminar dan diskusi panel juga sangat membantu untuk lebih mudah dalam memahami.

    BalasHapus
  9. Menurut saya materi nya mudah dipahami . Namun didalam materi ini juga sudah diberi contoh sebagai salah satu. Intinya lebih bagusnya belajr secara langsung dari pada belajr online.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khaerunnisa
      Menurut saya materi nya mudah dipahami . Namun didalam materi ini juga sudah diberi contoh sebagai salah satu. Intinya lebih bagusnya belajr secara langsung dari pada belajr online.
      Terimakasih

      Hapus
  10. Nur Hafizah
    Menurut saya, materinya dapat di mengerti dan di tambah lagi dengan berupa tayangan yang bisa lebih memudahkan dalam memahami materi ini

    BalasHapus
  11. Menurut saya materi nya mudah dipahami.
    contoh perbedaan dari seminar dan diskusi panel juga sangat membantu untuk lebih mudah dalam memahami.

    BalasHapus
  12. Menurut saya di dalam seminar dan diskusi panel sangat penting , apalagi dalam blog ini di jelaskan materi dengan baik dan tidak terlalu panjang bahkan ada tayangan contoh nya agar yamg akan mencoba mudah dan cepat di pahami

    BalasHapus
  13. Filda ms : Alhamdulillah dari sini saya bisa mengerti perbedaan antara seminar dan diskusi panel, apalagi dengan contoh tayangan yang diberikan sehingga lebih memudahkan untuk dipahami, terimakasih bu

    BalasHapus
  14. Nur Afika
    Menurut saya materi nya mudah dipahami.
    contoh perbedaan dari seminar dan diskusi panel juga sangat membantu untuk lebih mudah dalam memahami.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah saya paham dengan materi yang inu berikan,tapi ada sedikit yang saya kurang pahami,sayang ingin bertanya Panelis itu apa ya Bu?

    BalasHapus
  16. Nabila Aulia
    menurut saya, meterinya jelas dan dapat dipahami dan terdapat cara membedakan antara seminar dan diskusi panel

    BalasHapus
  17. Materi ini mudah di pahami karena ada beberapa contoh dan bantuan untuk bisa menjelaskan lebih dalam materi tersebut

    BalasHapus
  18. Firah
    Menurut saya materinya bisa di mengerti , seminar dan diskusi panelnya juga sudah saya bisa bedakan , materinya bikin saya membantu dan mudah di mengerti

    BalasHapus
  19. Wulansari
    saya dapat mengerti materi dengan baik, ditambah dengan tayangan video yang semakin membantu dalam memahami. trimakasih.

    BalasHapus
  20. Andini

    Menurut saya materinya mudah dimengerti dan dari materi ini akhirnya saya bisa mengetahui perbedaan antara seminar dan diskusi panel.

    BalasHapus
  21. Miftah
    menurut saya penjelasannya mudah dimengerti dan memudahkan pembelajaran

    BalasHapus
  22. Menurut saya mudah dipahami jdi saya bisa paham perbedaan seminar dan diskusi panel

    BalasHapus
  23. Bahasa yang digunakan sangat baku dan tidak berbelit belit juga materi nya sangat mudah untuk di pahami

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Cerita Sejarah

LKPD Teks Cerita Sejarah